Taubat Sebagai Solusi Permasalahan Hidup

Takmir   29/07/2016   No Comments on Taubat Sebagai Solusi Permasalahan Hidup | Dilihat 256 x  |  -A   +A

Isi ringkas Khutbah Jum'at tanggal 24 Syawwal 1437 H / 29 Juli 2016  di Masjid Ulul Albab UNNES

Khotib : Dr. Edy Purwanto, M.Si.

Pertama-tama khotib berwasiat untuk meningkatkan taqwa kepada Allah SWT dengan berusaha sekuat tenaga melaksanakan semua perintahNya serta menjauhi larangan-laranganNya.

Sebagai manusia kita suka lupa atau salah. Namun ingatlah, manusia yang baik itu bukan yang tidak pernah melakukan kesalahan, tapi orang yang baik itu mereka yang segera sadar, memohon ampun kepada Allah atas kesalahannya seraya tidak mengulanginya. Dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.

Dalam Surat Al Baqarah, akhir ayat 222, Allah berfirman :''…Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang taubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.'' 

Allah juga berfirman dalam Surat Az-Zumar ayat 53 : Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Allah tidak ridha dengan hamba-Nya yang senantiasa melakukan dosa dan tidak mau bertaubat. Dan jika Allah tidak ridha kepada kita, maka hidup kita tidak aman. Percuma saja kita punya harta dan pengetahuan jika harta dan ilmu yang Allah berikan kepada kita tidak memberikan manfaat kepada kita kecuali kerugian.

Maka kita harus bertaubat kepada-Nya dan membersihkan diri kita. Karena Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan mensucikan diri. Jika Allah menyukai kita maka kita akan mendapatkan ketenangan dalam hidup ini, karena bagi Allah-lah segala apa yang ada di langit dan di bumi.

Barokallahu fikum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.